Friday, October 7, 2011

GEISHA



Geisha, bagi kebanyakan orang, kata tersebut membuat mereka berpikir tentang prostitusi yang ada di Jepang. Pemahaman seperti itu memang tidak salah karena ada periode ketika geisha hampir tidak jauh berbeda dengan pekerja seks komersial.

Sebenarnya geisha itu apa? Menurut pengertian dari karakter huruf kanjinya, geisha berarti seniman, dimana huruf Gei berarti seni dan huruf Sha berarti pelaku atau orang. Geisha adalah seniwati profesional yang bertugas menghibur tamu yang berkunjung ke tempat dimana ia bekerja. Geisha biasanya bekerja di Ochaya atau kedai teh. Menghibur bukan berarti memberikan “hiburan” tapi menunjukkan berbagai kesenian tradisional Jepang dan bercengkerama dengan tamu tersebut.


Tahapan pendidikan :
  • Shikomi

Adalah tahap pertama, pada tahap Shikomi anak gadis yang baru tiba di Okiya melakukan pekerjaan sebagai pembantu secara itensif, mereka juga punya kewajiban untuk menunggu kedatangan Geisha yang menjadi “senior/ pelatih” mereka bila sedang bertugas keluar sampai larut malam malah sampai pagi. Tahap ini pula mereka belajar tata bahasa, adat istiadat dan berbusana “karyukai” dan menari di sekolah Geisha yang ada di Hanamachi tersebut.
  • Minarai

Di tahap ini , Minarai tidak melakukan pekerjaan rumah tangga lagi . Minarai akan memulai masa magangnya dengan pergi bersama senior geisha , menghibur para tamu tapi tidak diperkenankan untuk tampil .Mereka hanya diperbolehkan untuk memperhatikan geisha senior bagaimana cara menghibur tamu dengan sempurna .
  • Maiko

 Biasanya, seorang Geisha memiliki Maiko yaitu semacam adik tingkat di Okiya. Maiko memperoleh pelajaran dan pengalaman berharga dari seorang Geisha seniornya. Kemanapun Geisha bekerja, biasanya Maiko selalu diajak untuk melihat langsung bagaimana Geisha melayani para tamunya dengan berbagai kemampuan dan keterampilan menjamu. Di sanalah ia melihat secara langsung seniornya bekerja dan bahkan mempraktikkannya.

Sources:


poolbook.blogspot.com


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger